Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerja SEO?
Apa itu SEO?
Mungkin diantara kita masih asing terdengar kata "SEO". Sebenernya apa sih SEO itu sendiri? Menurut wikipedia sendiri Search Engine Optimizer (optimisasi mesin pencari) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Atau... secara teori, Search Engine Optimizer adalah melakukan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.
Tujuan SEO
Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Sedangkan tujuan SEO yang utama adalah terkait dengan trafik, yaitu berfokus untuk meningkatkan trafik. Dan ini adalah efek netto atau tujuan yang akan tercapai manakala tujuan dasar SEO (meningkatkan ranking) sudah tercapai.
Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:
a. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik.
b. Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan kita pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang kita tawarkan di situs kita. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
c. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan
Cara Kerja SEO
Ketika membutuhkan suatu informasi di internet biasanya kita akan membuka Google atau Bing lalu mengetikkan satu atau beberapa kata di kolom pencarian. SEO bekerja agar Google atau mesin pencari lainnya dapat menyajikan hasil pencarian yang relevan dengan kata atau frasa yang diketikkan di kolom pencarian tadi. Mesin pencari sendiri memiliki dua fungsi, merambah (crawling) dan membangun indeks kemudian menyajikan informasi paling relevan kepada pengguna sesuai dengan kata atau frasa yang diketikkan di laman pencarian.
Google merambah dan mengumpulkan jutaan informasi lalu menyajikannya dengan menggunakan sesuatu yang orang menyebutnya “Spider”. Tugas spider mencari informasi, melakukan investigasi dan menganalisa setiap halaman web kemudian memilih informasi paling berkualitas dan relevan dengan pencarian yang sedang dilakukan saat ini.
Link memungkinkan robot otomatis mesin telusur, yang disebut "perayap" atau "spider", untuk menjangkau miliaran dokumen yang saling terkait di web. Begitu mesin menemukan halaman ini, mereka menguraikan kode dari halaman web tersebut dan menyimpan potongan-potongan yang dipilih dalam database besar, untuk diingat nanti bila diperlukan untuk kueri penelusuran.
Bagi mesin pencari, relevansi tidak lagi ditentukan hanya oleh kata-kata yang tepat. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana hasil pencarian masih terbatas. Saat ini ratusan faktor mempengaruhi relevansi yang lebih cocok dengan query pencarian. Mesin pencari menganggap bahwa situs, halaman, atau dokumen yang paling populer, memiliki informasi paling berharga yang layak disajikan kepada pengguna internet. Asumsi ini terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan pengguna berdasarkan hasil pencarian. Berdasarkan faktor-faktor tersebut mesin pencari menilai dan memberi peringkat setiap halaman dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah daftar, posisi pertama di halaman hasil pencarian menjadi paling populer lebih tepatnya peringkat satu atau yang terbaik.
Cara mengoptimalisasi SEO
Agar website kita dapat bertahan pada posisi teratas pada mesin pencari atau minimal bisa muncul pada halaman pertama ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
On page:
- Good content
- Html tags & heading
- UX / UI design
- Domain
- Keyword rich
- Social media
- Press release
- Review
- Forum
- Email marketing
- Dll.
Tools
Beberapa tools yang diperlukan untuk memulai SEO diantaranya:
- Google webmaster : menganalisa bagaimana search engine berinteraksi dengan website
- Google analytic : menganalisa bagaimana user berinteraksi dengan website
- Google business : mendaftarkan jasa/ usaha agar terindeks di Google maps / local search result
- SERP monitor : memonitor posisi keyword di search engine dari waktu ke waktu
Oke sekian dulu pembahasan tentang SEO, semoga bermanfaat....
Komentar
Posting Komentar